Sharing membuat pakan sendiri untuk itik petelur

Masalah pakan merupakan masalah yang cukup pelik bagi pembudidaya ternak. Karena biaya pakan inimencapai 70% dari biaya produksi. Pakan alternative dengan memanfaatkan sumber daya lokal merupakan salah satu solusi untuk mengatasi masalah tersebut. 
Hari kamis tanggal 7 November 2013 saya menghadiri undangan Dinas Pertanian dan Peternakan Kab. Tangerang untuk berbagi pengalaman dalam acara pelatihan Manajemen Usaha Agribinis: Kegiatan Pengembangan Agribisnis Peternakan di Balai Ternak Dinas Pertanian dan Peternakan Kab. Tangerang di belakang Diklat Pemda Kecamatan Curug. 


saya paling kiri, pak zakaria, Pak H. Jarnaji MM kepala Dinas, dan Pak Anwar Zaelani 


Pada acara itu saya mewakili Nurbarokah Livestock. Berbagi tentang membuat pakan alternative. Mendaftar bahan-bahan pakan di sekitar dan menghitung nilai proteinnya untuk dicampur menjadi ransum pakan itik alternatif. Menghitung takaran komposisi pakan alternatif Sesi kedua saya, saya hanya memutarkan film dokumenter kegiatan penetasan telur di Nurbarokah. Karena sebagian besar peternaknya hanya bebek bertelur, belum sampai ke penetasan.
Setelah saya selesai, materi selanjutnya di sampaikan oleh Pak H. Zakaria dari Cisauk tentang budidaya ayam kampung petelur.
 

No comments