Kebutuhan Nutrisi Sapi

Untuk tumbuh dan produksi.secara optimal, sapi membutuhkan asupan nutrisi yang tercukupi. Kebutuhan zat pakan sapi tergantung pada berat tubuh, fase dan laju pertumbuhan serta reproduksi. Semua zat pakan diperlukan dalam proporsi yang seimbang satu sama lain. Bahan pakan terdiri dari 2 macam, yaitu pakan berserat dan penguat. Adapun nutrisi yang terkandung dalam pakan terdiri atas:      
  • Sumber energy (karbohidrat)
  • Protein (asam amino / penyusun sel, enzim, dan hormone)
  • Vitamin (perawatan sel tubuh dan penunjang metabolism)
  •  Lemak (sebagai cadangan energy dan komponen penyusunan hormone)
  • Mineral (penunjang metabolism)
  • Serat

Pada umumnya, sapi membutuhkan makanan berupa hijauan. Rumput sebaiknya diberikan dalam bentuk cacahan sepanjang 10 cm, bentuk cacahan ini disenangi oleh ternak. Sedangkan legume sebaiknya diberikan dalam bentuk segar, tetapi harus dilayukan terlebih dahulu agar mengurangi racun seperti mimosin pada leucaena.
Konsentrat sendiri dalam pakan sapi merupakan makanan tambahan untuk melengkapi makanan utama sapi yaitu hijauan. Mutu konsentrat yang akan diberikan tergantung pada mutu hijauan yang diberikan. Apabila hijauan yang diberikan bermutu rendah (seperti pucuk tebu dan jerami padi), maka konsentratnya harus bermutu tinggi. Konsentrat sebagai sumber energi dapat berasal dari tanaman seperti jagung barley serta gandum, bisa juga berasal dari hasil samping pertanian seperti tetes tebu, dedak, bran dan, pollard. Konsentrat yang kaya akan protein dapat berasal dari hewani seperti tepung ikan atau berasal dari nabati seperti biji-bijian dah hasil samping olahanya seperti ampas kedelai dan ampas kelapa.


Lihat katalog produk pakan ternak sapi di sini


Pemberian Pakan
Pemberian pakan yang baik akan menghasilkan pertumbuhan yang maksimal. Salah satu cara mempercepat proses penggemukan sapi adalah dengan kombinasi pakan antara hijauan dengan konsentrat. Rasio pemberian hujauan dnegan konsetrat disesuaikan dengan ketersediaan hijauan di lokasi pemeliharaan. Jika digambarkan sebagai berikut:
a.       Jika hijauan yang tersedia berkualitas rendah (seperti pucuk tebu dan jerami padi) maka rasio hijauan -  konsentratnya adalah 45 : 55
b.      Jika hijauan yang tersedia berkualitas tinggi (seperti rumput gajah dan leguminose seperti gamal dan kaliandra) maka rasio hijauan – konsentrat adalah 60 : 40
Setiap hari sapi membutuhkan pakan kira-kira sebanyak 15 % dari berat badannya. Sapi yang akan digemukan dan memperoleh pakan yang terdiri atas hijauan dan konsentrat harus diatur pemberiannya agar diperoleh hasil yang terbaik. Teknik pemebrian ransum yang baik untuk mencapai pertambahan bobot badan yang lebih tinggi adalah dengan mengatur jarak waktu antara pemberian konsentrat dengan hijauan. Hal ini karena jika hijauan dan konsentrat diberikan secara bersamaan akan menurunkan kecernaan hijauan di dalam lambung sapi, hal ini disebabkan oleh mikroba dalam lambung sapi akan mencerna konsentrat terlebih dahulu.


Sumber: Buku Pemeliharaan dan Perawatan Ternak. Hal 3 sd 6. Dinas Pertanian, Peternakan, dan Ketahanan Pangan Kab. Tangerang. 2014
---
Lihat juga:
Kandang Untuk Sapi
Macam-macam penyakit pada sapi dan cara mengobatinya

No comments:

Nurbarokah Ternak. Powered by Blogger.