Kandang untuk kambing dan Domba



Kandang untuk kambing dan domba yang baik harus memperhatikan hal sebagai berikut:
  • Cukup luas, kira-kira 1 m2 per ekor ternak dewasa
  • Tempat harus kering, mendapatkan cukup sinar matahari pagi dan mudah diberishkan
  • Sekeliling kandang dibuat parit untuk menghindari becek dalam kandang.
  • Kotoran harus mudah dibuang. Yaitu dengan membuat lubang di bawah kandang agar kotoran dan bahan sisa lainnya langsung jatuh ke alam lubang, yang nerupakan bahan pembuat pupuk kandang.
  • Letak kandang tidak terlalu dekat dengan rumah atau bangunan lain.
  • Kandang terbuat dari bahan yang cukup kuat, tetapi murah dan mudah didapat. Alas dapat terbuatd ari bamboo atau kayu yang disusun/dianyam agak jarang.  Dinding kandang dari bamboo atau kayu sedang. Atap terbuat dari rumbia kajang, alang-alang, dan sebagainya.
  • Tinggi lantai di atas permukaan tanah 50-70 cm, sedangkan jarak lanati kea tap 150-175 cm. Pada bagian belakang dibuatkan pintu dan tangga untuk keluar masuk ternak dan pada sisi kandang bagian depan dibuatkan tempat makanan dan minuman.
  • Tempat pakan berupa bak dari kayu atau bamboo dibuat sepanjang sisi depan bagian luar kandang dengan lebar kira-kira 50 cm. letaknya lebih tinggi 20-30 cm dan lantai kandang. Tempat minuman dari ember plastic atau belanga dari tanah diletakkan di samping bak makanan. Tempat garam dibuat dari bamboo atau kotak kayu yang dipakukan setinggi kira-kira 50 cm dari lantai.

Macam-macam kandang kambing dan domba




Jenis KandangDeskripsi
Kandang induk masa keringSatu ruangan dibuat memanjang dengan dilakukan penyekatan menjadi beberapa ruangan yang dapat menampung 5-10 ekor ternak, dimana pada masing-masing ruangan sekat kandang diberi pintu. 3x 5 meter (kandang koloni)
Kandang induk buntingKandang induk bunting dan menyusui sebaiknya kandang tunggal / individu. Ukuran kandang 1x1 meter sampai 1,5 x 1,5 meter.
Kandang pejantanSistem tipe kandang tunggal atau individu. Ukuran kandang pejantan: 1x1 meter sampai 1x2 meter
Kandang SapihanBentuk kandang sapihan baik jantan maupun betina dibuat dengan bentuk kandnag tunggal atau indibidu dengan luas 1x1 meter, atau dengan kandang koloni (berkelompok)
Kandang penggemukanKandang individu ukuran 50x50 sampai 75x 75 m.

Sumber: Buku Pemeliharaan dan Perawatan Ternak. Dinas Pertanian, Peternakan, dan Ketahanan Pangan Kab. Tangerang. 2014

No comments:

Nurbarokah Ternak. Powered by Blogger.