Kebutuhan Nutrisi Kambing dan Domba


Sumber pakan untuk domba dan kambing dapat disediakan dalam bentuk hijauan dan pakan penguat (konsentrat). Hijauan untuk ternak menjadi pakan utama, sementara kosentrat sebagai pakan tambahan, pelengkap atau penguat. Pemberian pakan pada ternak ini dikatakan baik bila kebutuhan gizi ternak terpenuhi secara seimbang. Zat-zat yang diperlukan antara lain terdiri dari protein,lemak, karbohidrat, mineral,vitamin dan air.
Kebutuhan domba dan kambing terhadap bahan pakan sangat tergantung dari kondisi fisiologis ternak tersebut. Secara umum, ternak ini membutuhkan hijaun segar sebanyak 10% dari berat badanya. Ternak yang bunting memerlukan pakan yang lebih banyak dan berkualitas untuk menunjang seluruh proses di dalam tubuhnya dan juga untuk menunjang proses laktasi setelah beranak. Pakan berupa hijauan yang bervariasi (dalam jumlah 10% berat badan) dan konsentratr 0,5-0,6 kg per hari sudah mampu mencukupi kebutuhan kambing atau domba yang bunting.
Bahan pakan untuk domba dan kambing pada umumnya digolongkan dalam 4 golongan sebagai berikut:
  • Golongan rumput-rumputan seperti rumput gajah, benggala, brachiara, raja, meksiko, dan rumput alam.
  • Golongan kacang-kacangan seperti daun lamtor, turi, damal dau kacang tanah, daun kacang-kacangan, albisia, kaliandra, gliciridia dan siratro.
  • Hasil limbah pertanian, seperti daun nangka, daun waru, daun dadap, daun kembang sepatu, daun pisang, daun jagung, daun ketela pohon, daun ketela rambat dan daun beringin.
  • Golongan makanan penguat (konsentrat) seperti dedak, jagung giling, garam dapur, bungkil kelapa, tepung ikan, bungkil kedelai, pollard,bran, ampas tahu, ampas kecap dan biji kapas.


Sumber: Buku Pemeliharaan dan Perawatan Ternak. Dinas Pertanian, Peternakan, dan Ketahanan Pangan Kab. Tangerang. 2014

-------
Lihat katalog produk pakan ternak kambing & domba di sini

No comments:

Nurbarokah Ternak. Powered by Blogger.