Perawatan Kesehatan pada kambing dan domba

Pencukuran bulu (sumber gambar: kknm.unpad.ac.id )
Kambing dan domba relative lebih mudah dalam perawatannya, harus didukung dengan kandang yang bersih, padang penggembalaan yang berkualitas, pakan yang bergizi, memperoleh sinar matahari yang cukup untuk mengurangi masalah kesehtaan. Menyikat tubuh sapi secara berkala akan membersihkan kulit dan membuatnya nyaman.
Memandikan
Tujuan memandikan ternak yaitu untuk menjaga kesehatan ternak dari kuman penyakit, parasit dan jamur yang bersarang dalam bulu. Ternak yang dimandikan tampak lebih bersih, menarik dan lebih sehat. Sebaiknya ternak dapat dimandikan secara rutin untuk jantan seminggu sekali, sedangkan untuk betina dapat dimandikan sebulan sekali. Dalam memandikan ternak jantan dapat di dalam kandang atau dapat dilakukan di luar kandang atau di tempat pemandian (sumur dan kolam renang), sedangkan ternak betina dimandikan di dalam kandang sekaligus untuk sanitasi kandang.
Pencukuran bulu (domba)
Domba yang tidak pernah dicukur bulunya akan menjadi gimbal dan akan sulit untuk dibersihkan, kondisi bulu yang seperti ini merupakan tempat yang baik untuk bersarangnya parasit dan jamur yang dapat membahayakan kesehatan ternak. Tujuan dilakukan pencukuran yaitu untuk menjaga kesehatan dari kuman penyakit, parasit-parasit luar (ekto parasit) seperti kutu dan penyakit kulit lainnya yang disebabkan oleh jamur. Sebelum dicukur sebaiknya domba dimandikan terlebih dahulu agar dalam pelaksanaan pencukuran lebih mudah. Pencukuran dapat dilakukan setahun 1 sampai 2 kali pada betina, sedangkan pada jantan dilakukan setiap 3 sampai 4 bulan. Pencukuran yang pertama dilakukan pada waktu domba telah berumur lebih dair 6 bulan agar domba tidak stress.
Pembutrikan
Pembutrikan merupakan pemotongan bulu di sekitar tanduk, khusunya untuk domba garut jantan. Bulu di sekitar tanduk dipotong sampai bersih, karena bila tidak dilakukan pembutrikan  maka bulu di sekitar atnduk tersebut akan tumbuh dengan baik dan cepat. Hal ini dapat menghambat dari pada pertumbuhan tanduk, karena tanduk dan bulu akan berebutan makanan, maka dilakukan dengan pembutrikan agar tanduk tumbuh dengan lebih baik.
Anak domba jantan mulai dibutrik pada umur satu bulan dan selanjutnya dibutrik setiap bulan untuk mempercepat proses pertumbuhan tanduk. Pada domba garut perawatantanduk merupakan hal yang penting karena dapat mempengaruhi daya jual domba tersebut. Pembutrikan selain untuk mempercepat pertumbuhan tanduk, khususnya pada jantan dewasa adalah untuk mencegah kerusakan pada tanduk, yaitu tanduk akan mudah keropos dan pecah apabila diadukan.
Pemotongan kuku
Pemotongan kuku juga nerupakan langkah preventif terhadap kemungkinan terjangkitnya penyakit kuku (pedodermatitis) akibat banyaknya terselip kuman-kuman penyakit pada sela-sela kuku. Selain itu, kuku yang panjang, terutama pda jantan akan mengganggu proses perkawinan karena pejantan tidak bisa berdiri secara sempurna. Jika kuku tersebut patah maka akan menyebabkan luka dan infeksi. Pemotongan kuku pada anak dimulai sejak umur 6 bulan dan selanjutnya dilakukan seperti pada induk jantan dan betina, yaitu 3-6 bulan sekali.


Lihat juga Macam-macam Penyakit pada Kambing dan Domba beserta cara mengobatinya
Sumber: Buku Pemeliharaan dan Perawatan Ternak. Dinas Pertanian, Peternakan, dan Ketahanan Pangan Kab. Tangerang. 2014

No comments