Menghitung kebutuhan luas kandang itik, ayam, dan puyuh dengan aplikasi Kalkulator Kandang Unggas

Apa kabar peternak?
Kali ini kita akan membahas menganai kebutuhan luas kandang untuk ternak. Khususnya ternak unggas. Jumlah ternak yang dipelihara harus terpenuhi standar luas kandangnya. Kandang yang terlalu luas dapat menyebabkan pergerakan unggas, khususnya ayam, makin banyak sehingga menghabiskan energi. Akibatnya, produksi menjadi turun. Di samping itu, akan mengakibatkan biaya produksi makin tinggi. Apabila kandang terlalu sempit, akan menyebabkan ternak tertekan akibat kurang leluasa bergerak. Bahkan, dapat menimbulkan kesulitan bernapas. Selain itu, terjadi perebutan pakan dan ruang sehingga kenyamanan ternak terganggu.
Jumlah atau luas kandang yang digunakan sesuai dengan kebutuhan hidup ternak adalah suatu keharusan. Karena itu penting untuk menghitung jumlah kebutuhan luas kandang berdasarkan jumlah ternak yang dipelihara. Di berbagai penelitian telah disaran sebuah standar kepadatan kandang berdasarkan jumlah ternak yang dipelihara. Biasanya ini yang dijadikan sebagai panduan menentukan luas kandang.  
Sebagai contoh adalah standar kepadatan kandang itik berikut ini:

Usia itik
Kepadatan per M2
0-1 minggu
50 ekor
1-2 minggu
25 ekor
2-3 minggu
15 ekor
3-4 minggu
12 ekor
4-6 minggu
10 ekor
6-8 minggu
8 ekor
8 minggu ke atas
4-6 ekor

Kini anda bisa menghitung kebutuhan luas kandang dengan aplikasi kalkulator kandang unggas. Kalkulator kandang unggas dibuat untuk memudahkan anda untuk menghitung kebutuhan luas kandang berdasarkan jumlah unggas yang anda pelihara. Ada tiga jenis unggas yang dapat anda pilih yaitu, Itik, ayam buras, dan puyuh. Aplikasi ini dibuat oleh nusfeed.id situs penyedia bahan baku pakan ternak. 

Untuk menggunakan aplikasi ini sangat mudah. Tinggal masukan jumlah ekor ternak yang anda pelihara. Sebagai contoh saya memasukan 1000 ekor puyuh dod, 1000.ekor puyuh dara, dan 1000 ekor puyuh petelur.
Jika sudah klik go. Maka hasilnya akan tampak seperti berikut:
Dari hasil perhitungan untuk 1000 ekor anak puyuh dibutuhkan luas kandang 10 M2. Sedangkan 1000 ekor dara butuhkan kandang seluas 16,6 M2. Dan untuk 1000 ekor puyuh petelur dibutuhkan kandang seluas 25 M2.
Untuk menyimpan hasil perhitungan menjadi format pdf. Tinggal klik pdf, maka secara otomatis akan tersimpan sebagai pdf. 
Mudah bukan. Dengan adanya aplikasi ini anda dapat menghitung dengan cepat kebutuhan luas kandang. Sehingga anda dapat mempersiapkan kandang untuk ternak yang dipelihara.
Untuk unduh silahkan klik di sini. File berformat zip, silahkan kompres dulu. Oh iya, untuk menggunakan aplikasi ini, harus terhibung dengan internet. Sekian semoga bermanfaat.

No comments