7 Sumber Modal Usaha untuk peternak

ilustrasi. sumber gambar: ilustrasiblog.blogspot.com


Dalam usaha ternak kita pasti membutuhkan modal untuk memulai dan menjalankan usaha tersebut. Dan semua jenis usaha pasti membutuhkan modal sebagai sumber aliran darah jantung aktivitasnya. Tidak adanya modal bisa membuat bisnis stagnan, kalah bersaing bahkan bangkrut.
Apasih modal usaha itu. Modal usaha menurut Adler Haymans Manurung dalam bukunya yang berjudul Modal untuk Bisnis UKM terbitan Penerbit Buku Kompas, diartikan sebagai dana yang digunakan untuk menjalankan usaha agar dapat berlangsung umurnya. Modal usaha dapat juga diartikan dari berbagai segi yaitu modal pertama kali membuka usaha, modal untuk melakukan perluasan usaha dan modal untuk menjalankan usaha sehari-hari.
Adler Haymans Manurung memaparkan bahwa modal usaha dapat diperoleh dari berbagai macam cara seperti:

  1. Dana yang dimiliki sendiri. Jelas ini berasal dari peternak itu sendiri misalnya uang tabungan.
  2. Menggadaikan barang yang dimiliki baik ke lembaga formal maupun lembaga nonformal. Sumber model ini juga berasal dari peternak itu sendiri, tapi bukan berbentuk uang. Misalnya seorang peternak ikan menggadaikan emas miliknya buat bikin kolam ikan baru.
  3. Melakukan pinjaman kepada lembaga nonformal, seperti pinjam pada keluarga atau rentenir
  4. Modal dengan menggunakan kekuatan pemasok. Contoh membeli bahan baku pakan pada supplier dengan sistem bayar panen
  5. Modal dengan bergabung ke pihak lain atau dikenal mitra. Misalnya peternak ayam broiler bermitra dengan perusahaan, dimana si peternak hanya menyediakan kandang dan pemeliharaan sementara bibit ayam dan pakan ayam disediakan oleh perusahaan mitra
  6. Modal dengan pinjaman kredit keperbankan. Contoh Kredit Usaha Rakyat dan sebagainya
  7. Mendapatkan dana dengan cara modern yang dikenal dengan psar saham. Baisanya dilakukan oleh perusahan yang sudah go public.

No comments:

Nurbarokah Ternak. Powered by Blogger.