Mengenal bahan baku pakan asal Gandum


Pakan dalam dunia ternak memiliki peranan penting bagi suksesnya usaha peternakan yang dijalankan. Dari segi biaya pun, pakan menyumbang angka presentasi tertinggi dalam biaya produksi. Karenanya, banyak peternak yang mencari berbagai bahan baku pakan alternatif untuk menekan cost produksi. Kali ini kita akan berkenalan dengan pakan yang berasal dari hasil samping pengolahan gandum.
Gandum merupakan pangan yang paling banyak dikonsumsi oleh manusia di permukaan bumi mengalahkan jumlah konsumsi padi. Gandum diolah menjadi berbagai jenis makanan, salah satunya adalah tepung terigu. Dari pengolah gandum menjadi terigu dihasilkan berbagai hasil samping yang bisa dijadikan pakan ternak. Adapun bahan baku pakan ternak hasil dari pengolahan gandum adalah sebagai berikut:
1. Polard Gandum
Pollard merupakan bagian dalam kulit gandum, mengandung pati dan protein yang tinggi sehingga ideal untuk bahan pakan sapi potong, sapi perah, ayam itik, ayam arab, dan puyuh. Polard juga digunakan sebagai pakan utama ulat hongkong dan ulat kadang. Kandungan proteinnya baik untuk pengembangan daging, serta untuk meningkatkan kadar padatan total dalam susu.




2. Bran Gandum
Bran adalah bagian luar dari kulit gandum yang mengandung serat, pati dan protein yang tinggi, sehingga bagus untuk bahan pakan hewan ternak besar seperti kuda, kerbau, dan ternak kecil seperti kambing dan domba. Rusa di istana Bogor juga menggunakan bran Gandum sebagai pakannya.


3. Tepung Polard
Merupakan tepung baik untuk bahan pakan ikan dan udang (aquafarming) karena memiliki kandungan protein dan pati yang tinggi.Gluten (penyusun protein gandum) yang ada di dalamnya akan berperan sebagai pengikat sehingga saat pakan berada dalam air bentuknya akan bertahan dan mengapung di air untuk beberapa saat sebelum larut.


4. Dashpolard / offal
Merupakan hasil penyaringan awal sebelum gandum digiling menjadi terigu. Dari penyaringan awal ini didapati biji gandum, bunga matahari, dan abu. Dashpolard atau offal ini dari segi harga merupakan yang paling murah dibandingkan polard, bran, maupun tepung polard.
5. Bran pollard
Merupakan pencampuran Bran dan pollard dengan komposisi tertentu. Populer juga digunakan sebagai bahan pakan ternak. Contoh Bran pollard adalah Bran pollard cap Tongkat Emas.

Bagi anda yang tertarik untuk mendapatkan bahan baku pakan di atas, langdung dari pabrik Bogasari bisa lihat artikel cara belanja pakan pollard dan Bran

No comments