Cara Menghitung kehutuhan pakan perhari dan biaya pakan ternak unggas petelur

 
Anda Peternak unggas petelur (seperti itik, ayam, dan puyuh), tapi masih kesulitan menghitung kebutuhan pakan ternak unggas yang anda pelihara. Sudah tepatkah jumlah pakan yang anda berikan, tidak kurang atau tidak lebih ❓ Semoga artikel Cara Menghitung kehutuhan pakan perhari dan biaya pakan ternak unggas petelur menjafdi solusi atas masalah anda tersebut.
Pada itinya, ternak yang dipelihara dengan tujuan untuk menghasilkan telur membutuhkan asupan makanan yang cukup. Cukup dari segi kandungan nutrisi dan cukup dalam pemberian jumlah pakan. Pembahasan ini hanya fokus pada pemberian jumlah pakan.
Berdasarkan sejumlah penelitian didapatlah standar kebutuhan pakan pada unggas petelur. Satu ekor Itik petelur misalnya, butuh pakan sebanyak 150 gram / hari. Jika pakan yang diberikan kurang atau lebih dari jumlah kebutuhan perhari tentu akan berakibat kurang baik pada ternak yang kita pelihara. Jika jumlah pakan kurang, tentu produksi telurjuga kurang dan telur yang dihasilkan ukurannya kecil-kecil, sementara jika jumlah pakan yang diberikan berlebih akan membengkakkan biaya produksi.
 
Manfaat menghitung Kebutuhan pakan
Ada beberapa manfaat menghitung kebutuhan pakan bagi usaha ternak yang sedang kita kembangkan, antara lain:
1. kita jadi tahu jumlah kebutuhan pakan perhari dari ternak yang dipelihara. Hasil perhitungan ini menjadi acuan dalam pemberian pakan.
2. Memudahkan kita menyetok jumlah pakan. Dengan didapatnya angka pasti kebutuhan pakan perhari kita bisa memperikirakan jumlah pakan yang harus disediakan dalam kurun waktu tertentu. Misalnya puyuh yang pemberian pakannya ad libitum (terus menerus), harus tersedia pakan dalam jumlah tertentu untuk jangka waktu tertentu.
3. Memudahkan kita untuk mengetahui biaya pakan yang harus di keluarkan perharinya. Hasil perhitungan ini bisa dijadikan pegangan ketika kita berencana menyetok pakan dalam waktu tertentu, maka biaya pakan yang diperlukan mengikuti hasil perhitungan yang telah kita kalkulasi.
 
Cara Menghitung kebutuhan pakan
Untuk mengitung kebutuhan pakan ternak unggas petelur ada berberapa cara. Cara manual dengan mengkalikan jumlah ternak yang dipelihara dengan standar kebutuhan pakan dan cara menggunakan program komputer seperti spreadsheet.
Berapa kebutuhan pakan per ekor untuk satu hari❓kita perhatikan tabel berikut:
No
Jenis Unggas
Kebutuhan pakan / hari
1
Itik
150 Gram
2
Ayam Buras
120 Gram
3
Puyuh
20 Gram
Kita akan menghitung kebutuhan pakan itik petelur secara manual. Anggap saja kita punya 400 ekor itik petelur. Perhitungannya sebagai berikut:
400 ekor x 0,15 kg = 60 Kg
Jadi 400 ekor itik petelur perhari butuh pakan sebanyak 60 kg. Dari hasil kalkulasi ini kita akan menghitung berapa kebutuhan biaya pakan per hari. Kita anggap saja biaya satu kilo pakan itik petelur Rp. 4,500. mari kita hitung:
60 kg x Rp. 4,500 = Rp. 270,000
Dari hasil perhitungan di atas diketahui bahwa biaya pakan yang harus dikeluarkan per hari adalah Rp. 270,000, jika anda ingin menyetok pakan untuk satu minggu tinggal kali kan saja tujuh hari.
 
Menghitung menggunakan bantuan komputer. Cara menghitung menggunakan komputer lebih cepat dan mudah. Salah satu contohnya program Kalkulator Pakan Unggas Petelur menggunakan spreadsheet.
 
Program kalkulator pakan unggas petelur dari Nusfeed.id yang dapat menghitung dengan cepat kebutuhan pakan dengan hanya memasukan jumlah ekor yang dipelihara dan hasilnya pun keluar. Untuk info detail cara pengunaan dan untuk mendownload program tersebut, silahkan kunjungi artikelnya di http://nusfeed.id/2017/03/06/kalkulator-pakan-unggas-petelur/
Sekian semoga bermanfaat

No comments