Mari Beternak Burung Puyuh


Kandang Puyuhgamabr via nusfeed.id


Beternak burung puyuh sudah semakin digemari masyarakat, karena selain produk puyuh disukai juga puyuh cocok bila diusahakan, baik sebagai usaha sambilan maupun komersil. Banyak peternak puyuh yang bermunculan, tapi tidak semua peternak tersebut berhasil. Ini disebabkan factor biaya pemeliharaan yang tinggi serta kurangnya pengetahuan peternak tentang tata cara beternak puyuh. Pengelolaan ternak puyuh masih banyak memakai metode coba-coba (trial and error).

Untuk itu, perlu dilakukan efisiensi yang dilakukan terhadap semua faktor yang mempengaruhi produktifitas serta efisiensi yang memberikan perlakuan sesuai dengan kebutuhan puyuh, sehingga dapat dihindari adanya pemborosan. Dihdarapkan dengan melakukan efisiensi dapat meningkatkan produktifitas puyuh.

Puyuh merupakan jenis burung yang tidak dapat terbang, ukuran relative kecil, berkaki pendek dan dapat diadu. Burung puyuh disebut gamak (bahasa jawa). Bahasa asingnya quail, merupakan bangsa burung (liar) dan terus dikembangkan ke penjuru dunia. Sedangkan di Indonesia puyuh mulai dikenal sejak tahun 1979. Kini mulai bermunculan di kandang-kandang ternak yang ada di Indonesia. 

Adaun jenis burung puyuh yang biasa di ternakkan adalah Cortunix-cortunix Japonica dengan kelas seperti di bawah ini:
Kelas: Aves (bangsa burung)
Ordo: Galiformes
Sub ordo: Phasianoidae
Family: Phasianidae
Sub famili: Phasianinae
Genus: Cortunix
Species : Cortunix-cortunix Japonica

Produk asal burung puyuh seperti telur dan dagingnya mampu menjadi alternative bagi pemenuhan gizi, karena kandungan protein dalam telur puyuh relative lebih tinggi dibandingkan dengan unggas lainnya dan dagingnya pun tidak kalah enak dengan daging unggas lainnya. Selain itu, kotorannya pun dapat dimanfaatkan untuk pupuk.

Ukurannya yang kecil membuat unggas ini cukup mudah dipelihara denganmodal yang tidak terlalu besar. Selain itu, kandnag puyuh juga bisa dibuat dengan sistem susun, sehingga kebutuhan luas tanah tidak terlalu besar, berbeda dnegan unggas lainnya. Daya tahan puyuh terhadap penyakit juga relative lebih tahan terhadap penyakit dan dalam pemeliharaannya dapat diternakan bersama hewan lainnya. 

Berminat beternak puyuh? Simak lanjutannnya di bagian-bagain puyuh yang dapat dimanfaatkan  secara ekonomi 

Referensi
Tim Penyusun. 2008. Pedoman Pembibitan Burung Puyuh. Tangerang: Dinas Pertanian dan Peternakan Kab. Tangerang

No comments:

Nurbarokah Ternak. Powered by Blogger.