Takesi, informasi kesehatan sapi di HP Android

Nyaris sebagian besar peternak berasal bukan dari disiplin ilmu peternakan. Karenanya banyak peternak Indonesia yang memiliki keterbatasan pengetahuan tentang ilmu peternakan, khususnya penyskit hewan ternak. Salah satunya adalah kesehatan ternak sapi.

Nah ada kabar gembira terbaru bagi peternak Sapi. Berdasarkan informasi dari situs nusfeed.id, penyedia pakan ternak, saat ini ada aplikasi khusus berbasis android tetang kesehatan sapi. Langsung saja kita cek beritanya yang dikutip langsung dari situs Nusfeed.Id

Baru-baru ini Kementrian Pertanian lewat Balai Besar Penelitian Veterinar meluncurkan sebuah aplikasi berbasis android tentang Informasi Kesehatan sapi. Aplikasi ini diberi nama Takesi. Takesi sendiri singkatan dari Teknologi Android Kesehatan Sapi.

Dari deskprisi informasi yang ada di Playstore, aplikasi ini dibuat karena rendahnya pengetahuan dan pemahaman peternak terkait dengan permasalahan kesehatan hewan dan gangguan reproduksi. Kekurangan pengetahuan ini berpotensi mengakibatkan kematian ternak akibat terlambatnya atau kurang tepatnya peternak dalam memberikan informasi kesehatan ternaknya kepada petugas medis. Disamping itu, kondisi tersebut juga berpotensi menyebabkan produktivitas ternak tidak optimal yang ditandai dengan angka kelahiran pedet dibawah rata-rata dan pertambahan bobot badan harian yang relatif rendah.  Balai Besar Penelitian Veteriner (BBLitvet) memiliki kegiatan untuk mengembangkan sistem informasi kesehatan hewan berbasis android, terutama tentang penyakit dan gangguan reproduksi sapi, sehingga diharapkan peternak lebih mudah mengenali kelainan yang terjadi pada ternaknya.
Melalui aplikasi ini yang nantinya dapat diakses secara bebas oleh peternak, dokter hewan praktisi, bahkan mahasiswa diharapkan kita mampu mengenal penyakit hewan dengan lebih praktis. Dengan melihat contoh-contoh kasus dalam aplikasi TAKESI maka kesadaran peternak terhadap penyakit ternaknya, terutama untuk penyakit-penyakit yang bersifat zoonosis akan meningkat. Diharapkan aplikasi ini dapat diakses oleh semua peternak di Indonesia atau di Negara Negara lain.
Secara umum isi aplikasi memuat informasi mengenai :
  1. Penyakit dan gangguan penyakit pada Sapi Indukan
  2. Penyakit dan gangguan penyakit pada anak sapi
  3. Manajemen Kesehatan Sapi
  4. Kontak Ahli

Kalau kita klik salah satu, misalnya Penyakit dan gangguan penyakit pada Sapi Indukan. Akan muncul berbagai informasi mengenai penyakit yang dapat menyerang sapi indukan.

Jika dipilih salah satu, contohnya kemajiran pada sapi, maka akan muncul informasi detail dari penyakit tersebut, termasuk cara pencegahannya.

Selain itu, di aplikasi ini juga memuat sarana kontak ahli. Terdapat banyak daftar nama ahli baik dari Balai atau Dkoter hewan dinas yang dapat dihubungi. Jadi kalau peternak mengalami kesulitan terkait penyakit yang menyerang sapi, dapat langsung menghubungi ahli via sms atau telepon.

Sayangnya data dokter hewan ini belum nencakup semua kabupaten dan kota di Indonesia. Semoga datanya segera ditambah, agar peternak sapi bisa langsung kontak dokter hewan terdekat.

Nah semoga adanya aplikasi ini bermanfaat buat peetrnak sapi di Indonesia. 

No comments:

Nurbarokah Ternak. Powered by Blogger.