cara meransum formulasi pakan secara sederhana

hai peternak, berjkumpa kembali di blog ini. kali ini kita akan membahas salah satu mareti cukup penting dalam dunia peternakan, yaitu menyusun formulasi pakan. seeprti yang diketahui bahwa pakan merupakan salahs atu komponen biaya paling besar dalam industri peternakan. menyusun pakan alternatif dan menggunakan pakan alternatif adalah salah satu cara mengurangi dan menekan biaya produksi ke titik yang lebih rendah.

nah sayangnya, kabanyakan peternak bukan bearasal dari disiplin ilmu peternakan. terkadang banyak pengetahuan tentang ternak, termasuk formulasi pakan tidak dimiliki oleh peternak. nah kali ini saya kan membantu teman-teman peternak untuk belajar menyusun formulasi pakan.

di artikel kali ini yang dibahas hanya cara sederhana. pakan yang akan diformulasikan tidak lebih dari empat jenis pakan penyusunnya. teknik formulasi yang digunakan adalah segi empat pearson.

untuk memudahkan kita lihgat tutorial menyusun formulasi pakan yang terdiri dari dua bahan pakan.



untuk yang terdirid ari tiga bahan pakan silahkan lihat video berikut:


bagaimana, sudah mengerti cara meransuk pakan ternak secara sederhana? pusing memang iya, untuk segi empat pearson, namun ini adalah dasarnya. bulan depan kita bertemu lagi dengan teknik menyusun pakan yang lebih mudah, karena menggunakan bantuan komputer. sampai jumpa minggu depan.

No comments