Teknik-teknik Pembiakan tanaman secara vegetatif



Pembiakan vegetatif dibagi menjadi dua yaitu pembiakan vegetatif alami dan pembiakan vegetatif buatan. Pembiakan vegetatif tanpa bantuan manusia disebut pembiakan vegetatif alami. Alat pembiakannya tumbuh dengan sendirinya dari tumbuhan melalui tunas, umbi, geragi (stolon), spora, dan rhizoma.

a.Tunas

Pernahkah kamu memperhatikan tanaman cocor bebek? Pada tepi dan ujung daun yang telah tua terdapat tunas. Jika ditanam, tunas itu akan tumbuh menjadi tanaman baru. Tunas itu disebut tunas adventif. Tanaman lain yang berkembang biak dengan tunas, yaitu pisang, cemara, bambu, sukun, dan tebu. Pada tanaman ini tunas adventif tumbuh pada akar.



Gambar 1. Tanaman Cocor bebek



b.Umbi

Pernahkah anda melihat ubi jalar yang ada tunasnya? Umbi ada yang berupa umbi batang, umbi akar, dan umbi lapis. Jika tanaman yang berkembang biak dengan umbi ditanam, dari umbi keluar akar dan tunas sehingga tumbuh tanaman baru. Umbi yang ditanam menjadi sumber makanan bagi pertumbuhan tanaman sebelum mengisap makanan sendiri dari tanah. Contoh tanaman yang berkembang biak dengan umbi: Umbi

batang : kentang, Umbi lapis : bawang merah, bawang putih. Umbi akar : wortel.

Macam-macam Umbi :

Umbi lapis Contoh tumbuhan yang berkembang biak dengan umbi lapis adalah: bawang bombay, bawang merah, bawang putih, bunga bakung, bunga tulip


Gambar 2. Umbi Bawang Merah



Umbi adalah bagian tanaman yang membengkak dalam tanah karena menyimpan cadangan makanan. Umbi lapis merupakan umbi yang berlapis-lapis dan tumbuh tunas di tengahnya. Umbi lapis baru yang berasal dari ketiak terluar akan tumbuh membentuk tunas. Pada umbi lapis, tunas tumbuh diantara daun dan cakram. Contoh tanaman yang berkembangbiak dengan umni lapis diantaranya adalah bawang, bunga tulip dan lain-lain.

Umbi batang


Contoh tumbuhan yang berkembang biak dengan umbi batang adalah:

kentang dan ubi jalar.

Gambar 3. Umbi Kentang


Umbi akar


Umbi akar merupakan bagian akar yang membesar karena berfungsi sebagai tempat cadangan makanan

Ciri-ciri umbi akar:

- tidak berbuku-buku

- tidak mempunyai kuncup dan daun

- tidak mempunyai mata tunas

Tanaman yang berkembang biak dengan umbi akar, misalnya wortel dan bunga dahlia


Gambar 4. Umbi Wortel

c.Geragih (Stolon)

Geragi atau stolon adalah batang yang tumbuh dan menjalar di permukaan tanah. Stolon tersusun atas ruas-ruas, setiap ruas yang menempel pada tanah akan membentuk akar dan tumbuh tunas baru. Tanaman baru akan tumbuh pada ruas-ruasnya dan tidak bergantung pada induknya. Jenis tanaman yang berkembang biak dengan stolon diantaranya adalah stroberi, pegagan atau antanan dan rumput teki.


Gambar 5. Tanaman Stroberi


d.Spora

terdapat pada tumbuhan paku, lumut , jenis tanaman paku-pakuan sering ditanam orang sebagai tanaman hias, contohnya suplir. Pada bagian bawah daunnya terdapat titik-titik berwarna cokelat yang disebut spora. Spora berfungsi sebagai alat perkembangbiakan. Jika spora jatuh ke tanah, akan tumbuh tanaman baru.


Gambar 6. Tumbuhan Paku dan Lumut


e.Rhizome

Rhizome (akar tinggal) adalah batang yang tumbuh menjalar dalam tanah atau disebut akar tinggal, akar rimpang, atau akar tongkat. Tanaman yang berkembang biak dengan akar tinggal adalah lengkuas, jahe, alang-alang, kunyit, dan temulawak dan lain-lain.

Ciri-ciri akar tinggal:

mirip akar tetapi berbuku-buku dan pada ujungnya terdapat kuncup;
pada setiap buku terdapat daun yang berubah menjadi sisik;
pada setiap ketiak sisik terdapat tunas.



Gambar 7. Tanaman Lengkuas







Referensi:
Pengembangbiakan Tanaman untuk SMK kelas 10---- Jakarta : Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional, 2008

No comments